Perkembangan Teknologi dan informasi, 'memaksa' pebinis berevolusi mengukuti perkembangannya. Tak terkecuali dengan binis penerbitan dan Publishing harus segera survive dengan kemajuannya. ya salah satu nya dengan mulai melirik bisnis digial publishing.

Jika sebelumnya seputar ecommerrce menulis tentang, menimbang binisi digital publishing. Nah kali ini, seputar ecommerce akan menulis tentang menimbang bisnis digital publishing di Indonesia, seperti apa?

Tak terkecuali di Indonesia, para penerbit dan pelaku bisnis publishing rasanya harus mulai melirik binis digital publishing. Jika melihat perkembangan bisnis Digital publishing di Indonesia tentu masih sangat potensial. Selain karena masih sedikit pemainya, juga ceruk pasar yang masih terbuka lebar dan perkembangan informasi (internet) dan komunikasi yang kian bagus.

Perkembangan PC tablet dan ebook reader juga cukup bagus. Lihat saja pada peluncuran Galaxy tab beberapa waktu lalu di jakarta, banyak orang yang rela antri untuk mendapatkan produk tersebut. Ada banyak ebook reader dengan harga miring besutan Cina untuk kalangan menengah. Ada juga ebook reader khusus untuk para pelajar.

Selain kehadiran gadget pendukung, masyarakat indonesia juga mulai terbiasa dengan e-book dan menbaca digital. Bahkan bagi sebagian orang, membaca digital/online sudah mulai membaca buku, koran ataupun majalah. Ya walapun jumlahnya tak seignifikan, tapi setidaknya itu merupakan sinyalemen bagus.

Namun, harus disadari bahwa kepedulian dan awarnes membaca masyarakat indonesia masih sangat rendah. Dari kepedulian membaca yang sangat rendah itu, agak perlu waktu menumbuhkan mideset dan kebiasaan untuk beralih ke buku digital. Orang terkadang lebih nyaman membaca buku versi cetak ketimbang berada di depan PC atau gadget reader lainnya.

Untuk itulah perlu edukasi pasar Indonesia dan jangan lupakan juga gadget pendukung semacam ebook reader atau pun PC tablet harus lebih murah lagi. Pasalnya, e-reader yang kini beredar juga masih terlampau mahal.

Selain itu, masalah yang masih mendera adlah soal pendistribusianya. salah satu mediumnya tentunya ya lewat internet. Harus di ingat bahwa kecepatan internet di indonesia juga tak terlalu bagus. Untuk Menguunduh file yang tak seberapa juga membutuhkan waktu yang lama, apalgi file ebook yang sangat besar.

Dan yang terpenting bagaimana mencari bisnis model yang tepat. Mengingat masyarakat Indonesia lebih cendrung menyukai hal-hal yang gratisan.

Jadi bagi anda yang ingin memulai, mungkin bberapa faktor di atas bisa menjadi pertimbangan. Selamat mecoba.

0 komentar

Posting Komentar

Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini