Jika seblumnya sepertar ecommerce menulis tentang menimbang bisnis dgital publishing dan bagaimana potensinya di indonesia. Kali ini seputar ecommerce akan menulis tentang beberapa pemain bisnis Digital Publishing di Indonesia yang sudah 'terjaring' seputar ecommerce.

papataka.com

Dari keterangan about us di websitenya, papataka mengklaim sebagai pelopor dalam publikasi digital serta retailer konten media digital berbasis online di Indonesia.

Soal orisilitas kontent atau ebook jangan khawatir karena Papataka.com sangat memperhatikan konten dengan hak cipta dan kekayaan intelektual karena mereka menggunakan platform Adobe DRM (Digital Rights Management), yaitu suatu sistim untuk melindungi dan juga mendistribusikan semua konten buku-buku digital kami (eBooks).

Mereka juga telah bekerrjasama dengan beberapa penerbit lokal seperti Komunitas Bambu serta Luxima Metro Media. Dan melakukan promosi besar-besarran secara offline di media masa. dab yang menarik, walaupun mereka membuat dan mendrtisbusikan ebooknya secara digital, namun mereka juga Showroom dan Gallery di Plaza Indonesia - EX lantai 2, tepatnya di samping Rumah Makan Kafe Betawi. Penulis Juga beberapa kali menemui papataka di pameran-pameran buku.

nulisbuku.com

Nulisbuku adalah sebuah layanan self publishing bagi para penulis yang ingin menerbitkan tulisan atau karya mereka dalam rupa bentuk cetak fisik buku, layaknya yang bisa dilakukan penerbit-penerbit buku kebanyakan di Indonesia. Nulisbuku.com juga menyediakan sebuah toko buku online yang digunakan sebagai tempat untuk berbagi atau menjual sebuah karya (buku).

Salah satu Foundernya adalah Ollie yang juga merupakan pendiri kutubuku.com. Nulisbuku juga berhasil merain Best ecommerce SparX Up Award 2010 sebuah penghargaan bagi para startup di Indonesia.

Pada bulan September 2010 kemarin yang juga bertepatan dengan acara Indonesia Book Fair dilakukaan acara 99 Writers in 9 Days yang di prakarsai oleh nulis buku dan Mizan Digitwl publishing.

Lalu kenapa penulis masukan kedalam list ini?, karena semua prosesnya digital. para penulis yang memiliki naskah bisa mensubmitnya secara langsung ke nulisbuku.com dan membuat setiap orang bisa menjadi publisher digital untuk karyanya sendiri. Ini menarik, karena proses mmenerbitkan buku jadi lebih mudah bagi para penulis.

evolitera.com

Evolitera juga bergerak buku digital. Sebuah situs penerbitan e-book revolusioner berdasarkan pada platform jaringan sosial. Evolitera menyediakan proses penerbitan mutakhir dengan membuatnya lebih sosial, bebas untuk mengakses dan mengunduh secara gratis semua konten secara gratis dan juga legal secara hukum karena tidak mempublikasikan atau mendistribusikan bahan bajakan.

Evolitera memiliki platform publikasi pribadi untuk anggota mempublikasikan eBook sendiri di website, dan membiarkan anggota lain membaca dan bersosialisasi (membuat orang) di buku bahwa mereka sudah membaca.

Secara prestasi Evolitera boleh dibilang tak kalah menarik. Evolitera mampu masuk ke Un-Conference, Singapura tahun 2009 silam juga terpilih menjadi Best Creative Fellowship dari Indigo Awards dari Telkom.

Namun ketika tulisan ini di buat, penulis tidak bisa mengakses situsnya, karena sedang mintenance. Seperti di ungkapkan di twitter Evolitera, @evolitera "Dear readers, evolitera is now on scheduled maintenance. We are sorry for any inconveniences. We will soon be back to you. Thank you. :)' "


equalcore.net

Equalcore.net juga merupakan digital publishing dan memberikan kesempatan bagi para penulis. Founder Equalcore adalah mataharitimoer yang juga merupakan blogger dan ketua blogor komunitas bloger bogor.

Yang manerik Equalcore memberikan penawaran bagi para blogger untuk menerbitkan bognya kedalam sebuah buku.

Seperti di tulis di webnya EqualCore siap membantu para blogger untuk membuat e-book. Caranya gampang banget. Tinggal kumpulkan tulisan-tulisan dari blogmu dalam format doc/docx. Kirimkan kepada kami untuk dijadikan sebuah e-book.

Penawaran ini menarik mengingat banyak blogger yang ingin membukukan bukunya. Apalagi bagi para blogger yang sudah populer, keuntungannya mereka akan lebih mudah memasarkan bukunya mengingat punya banyak pembaca setia di blognya. Namun menurut penulis jika blog-blog yang akan di bukukan, tulisan yang diblog harus dibuat lebih mendalam dan menarik agar lebih memiliki value lain, apa bedanya jika sama persis dengan blognya ya lebih baik baca saja di blognya.

Anda brologer atau penulis dan tertarik?, silahkan di coba.

2 komentar

  1. Coba langsung saya kunjungi ah ...

     
  2. Banyak yang udah ga aktif ya?

    Sayang juga.

     

Posting Komentar

Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini