Belakangan situs E-marketplace di indonesia kian ramai.  Apalagi jika melihat penetrasi perkembangan internet di indonesia kian besar. Dan yang terpenting pemahaman dan kepercayaan akan belanja dan berjualan online mayarakat indonesia semakin bagus.

Sekedar mengingatkan Apa itu emarketplace?, Sederhananya E-marketplace adalah situs di internet (tentunya di internet) yang mempertemukan antara pembeli dan pnjual. Namun wikipedia memberikan perngertian bawa Ecommerce adalah Pasar perdagangan elektronik di mana perusahaan mendaftarkan diri sebagai penjual atau pembeli untuk berkomunikasi dan melakukan bisnis melalui Internet. lebih lengpanya.

Jika melihat perkembangan saat ini, sepertinya perkembangan emarketplace di indonesia semakin bagus dan akan semakin riuh. Pasalnya, selain para pemain lokal yang mulai merambah binis Emarketplace. Pemain Regional bahkan multinasional sudah mulai menujukan keterarikanya.

Hal itu bisa dilihat dari kerja sama atara Rakuten dan MNC. Seperti di ketahu Rakuten adalah e-marketplace yang boleh dibilang Emarketplace terbesar dari Jepang dengan omzet penjualan dalam setahun telah melebihi 1 Triliun Yen (Rp. 106 Triliun). Ini sebagai bukti bahwa binis emarketplace sangat potensial.

Dan yang menarik, rekuten ini bekerjasama dengan PT Global Mediacom Tbk. Mengapa menarik? karena MNC sebagai perusahaan media terbesar di Indonesia dan Rakuten adalah emarketplace terbesar di Jepang. 

Selanjutnya Multiply, kita mungkin mengenal beberapa Multiply  ini sebagai platform blog. Ternyata Multiply  ini banyak di digunakan untuk toko online di Indonesia. Itulah salah satu yang mendasari Multiply  membuka  kantor di Indonesia sekitar Oktober-November 2009.

Ada sekitar 82.000 toko yang terdapat di Multiply, 6.000 toko baru pada bulan September dan untuk Indonesia ada sekitar 18.000 toko yang dikelola oleh pada penjual dari Indonesia. Ada sekitar 11 juta tukang belanja yang berbelanja di Multiply, dan 2.5 juta berasal dari Indonesia. Jumlah yang cukup signifikan yang bisa memberikan jawaban kenapa Multiply begitu memperhatikan pangsa pasar di Indonesia.

Kemudian, Multiply kemudian mulai menambah fitur-fitur blog untuk toko onlinya ada fitur Verified Seller, keranjang belanja yang terintegrasi dengan halaman dari akun Multiply pengguna, berbagai metode pembayaran, baik online maupun offline, sistem untuk memberikan pemeringkatan atas sebuah produk, layout baru yang lebih fokus pada toko online, pelacakan pemesanan serta manajemen stok dan fasilitas analitik yang diperbaiki dan fasilitas lainnya.

Dan kini, mereka sedang membuka lowongan kerja besar-besaran di Indonesia. Tentunya mencari SDM lokal terbaik yang ada di Indonesia.Yang menarik posisi, seperti di sebutkan dailysocial country manager yang kini diisi oleh Daniel Tumiwa, belai adalah awalnya bergabung di 7 Langit, pengembang aplikasi BlackBerry.

Tentu ini akan semakin menarik, mengingat (boleh di bilang) sudah banyak juga para pemain emarketplace di indonesia. Ada plasa.com yang sudah mulai berganti manajemen, tokopedia, juale, toko bagus, dll

Kita lihat saja nanati

sumber imgae: soumu.go.jp

1 Responses to E-market Place di 2011 Akan Makin Ramai

  1. Iya Nih, Di Kota saya Juga Sudah Ada Yang Bangun Online Shop

     

Posting Komentar

Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini