Apa itu E-Marketplace?

Sabtu, 22 Januari 2011

Belakangan ini di indonesia semakin banyak bermunculan situs-situs E-market place. Sebut saja ada juale, Tokopedia, Plasa.com, Crazzymarket dll.

Pertumbuhan itu sangat positif, karena tentunya menciptakan persaingan di ranah e-marketplace di indonesia. Sehingga berdampak pada perkembangan dan kepedulian netizen pada ranah emarketplace itu sendiri. Selain itu e-marketplace juga di harapkan akan menjadi "pusat" kekuatan ekonomi baru di ranah during. Tentunya efek kepada masyarakat juga.

Sebelum lebih jauh membahasa tentang apa saja E-Marketplace di indonesia. Mungkin ada banyak netizen yang belum begitu paham sekali tentang E-marketplace.

Sederhananya E-marketplace adalah situs di internet (tentunya di internet) yang mempertemukan antara pembeli dan pnjual. Namun wikipedia memberikan perngertian bawa Ecommerce adalah Pasar perdagangan elektronik di mana perusahaan mendaftarkan diri sebagai penjual atau pembeli untuk berkomunikasi dan melakukan bisnis melalui Internet.

Ada beberapa type marketplace ada Private e-markeplace biasanya dimiliki oleh perusahaan baik pembeli atau penjual. Misalnya satu organisasi pembeli mungkin memiliki Private e-markeplace termasuk hanya supplier pilihan mereka.

Ada juga Vertikal E-Marketplace. ini hanya industri tertentu yang sepenuhnya berorientasi pada kebutuhan yang berbeda dari kelompok tertentu. Pembeli dan penjual dalam industri tersebut dihubungkan untuk meningkatkan efisiensi biaya operasi, pasokan, persediaan dan waktu siklus. Boleh E-marketplace secara vertikal ini lebih fokus pada layanan B2B (businnes to Businnes)

Sedangkan Horisontal e-marketplaces: disesuaikan dengan fungsi atau proses yang penting dalam banyak industri. Mereka berjalan di beberapa industri atau banyak dan fokus pada pengetahuan yang tepat dari proses yang tepat untuk mencapai hasil yang optimal.

0 komentar

Posting Komentar

Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini