Seperti sudah berkali-kali saya tuliskan bahwa permasalah klasik dari keberlanjutan ecommerce adalah masalah payment. Ada beberapa alternatif payment sebenarnya, yaitu mobile payment atau online payment yang bisa di terapkan. Di Negara berkembang seperti di Indonesia, mobile payment bisa menjadi pilihan namun tak menutup kemungkinan untuk mengembangkan online payment lokal.

Sebelumnya seputar ecommerce menulis tentang Doku yang sudah lauching dan beberapa list online payment lokal di Indoneisa. Kali ini, seputar ecommerce ingin menulis tentangg faspay, online payment yang ternyata sudah lama berdiri.

FasaPay adalah oline paymen dengan Layanan transfer dan pembayaran antar akun Fasapay adalah online dan realtime 24/7. Untuk pengisian dananya hanya menggunakan transfer via Bank lokal seperti BCA, BANK Mandiri dan Bank-bak yang terafiliasi dengan ATM bersama.

sebagai layanan payment, tentunya Fasapay memiliki layanan Deposi dengan Minimal deposit Rp.10.000,-. juga meiliki layanan tranfer dana atau pengiriman dana, hanya saja pengirimannya masih terbatas ke sesama anggota fasapay saja. Serta ada pula layanan Penarikan dana dari saldo, tetapi penarikan saldo tidak dapat dilakukan apabila saldo anda kosong atau tidak mencukupi. Dan yang menarik dari layanan fasapay adalah adanya SCI (shopping Cart Interface).

SCi ini digunakan untuk menghubungkan antara Merchant Online dengan Pembeli melalui Internet/Web. Seperti kita ketahui bahwa kebayakan transaksi perdagangan via toko online masih menggunakan cara transfer Bank secara Kovensional yang cukup merepotkan.
Dengan SCI ini merchant akan menerima pemberitahuan secara langsung pada saat itu juga setelah transfer dilakukan oleh pembeli, sehingga merchant bisa langsung mengirim barangnya.

Layanan SCI ini tentu saja menarik, mengingat sebagian besar toko online di Indonesia masih menggunakan cara tranfer bank Konvesnsional. Apalagi bisa di integrasikan ke merbagai emarketplace lokal semacam juale atau yang lainnya. Namun sayangnya penggunaan SCI ini lagi-lagi hanya bisa di lakukan jika marchat dan Buyer sama-sama mempunyai akun di Fasapay.

1 Responses to Faspay, Satu Lagi Layanan Online Payment Lokal

  1. good artikel, keep posting.. :)

     

Posting Komentar

Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini