Google telah bersiap membuat mobile paymentnya dengan bekerja sama dengan mastercard dan citi goup. Co-fouder twitter, Jack Dorsey sudah memperkanalkan Squere yang merupakan layanan mobile payment. Sepertiya kedepan trend mobile payment akan semakin bagus mengingat perkembangan posel terutama smartphone terus berkembang pesat.

Lalu bagaimana di Indonesia, sudah siapkah miengembangkan mobile payment ini? Mobile payment adalah salah satu bagian dari mobile commerce, namun untuk mobile payment yang tertanam dalam applikasi, dalam pantauan seputar ecommerce belum ada yang membuatnya.

Akan tetapi kepedulian akan mobile commerce sudah sangat bagus.. Buktinya masyarakat teknologi dan binis ecommerce di indonesia juga sepertinya sudah melihat trend itu. Misalnya saja Komunitas #StartupLokal, pada acara #StartupLokal ke-11 membahas tema Mobile Payment. Mengingat potensialnya pasar untuk transaksi jual-beli dan pembayaran melalui ponsel diyakini masih sangat besar.


Beberapa oprator lokal juga sebenarnya sudah mempunyai layanan mobile commerce berupa Mobile Cash (MC). Sebut saja, Telkomsel degan T-cash. Menurut Indra Lestiadi, Division Head Mobile Commerce PT Indosat, para operator telekomunikasi sejak beberapa waktu lalu terus melengkapi layanan m-commerce miliknya.

"Hal itu salah satunya karena kemajuan teknologi dan kemudahan yang ditawarkan dari segi pembayaran dan fasilitas. Saya yakin pada 2014 akan ada perubahan yang luar biasa untuk m-commerce," tukas Indra, seperti di tulis detiknet Kamis (25/11/2010).

Namun operator tersebut langkahnya masih terbaatas terhadang regulasi. "Operator kini menyiapkan diri untuk pembukaan regulasi yang lebih bebas. Pemerintah sekarang kan masih menggunakan regulasi cara pembayaran yang traditional bagi operator. Belum melakukan perubahan dari sisi digital. Ini yang saya liat perlu ada perubahan dari sisi regulasi pemerintah," tukasnya.

0 komentar

Posting Komentar

Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini