Mall, tak hanya ada di dunia offline. Apa itu mall online atau online shop marketplace, seputar Ecommerce pernah menulis sebelumnya di sini . Di Dunia onlinepun kini mulai banyak bertumbuhan mall online kususnya di indonesia.

Ada beberapa mall online di indonesia sebut saja juale.com, plasa.com, Crazymarket.com, Tokobagus.com, Tokopedia.com, multyply, disqus, dan Reukten.co.id (walaupun belum bisa). Dan rasanya masih ada banyak lagi.


Plasa.com
Plasa adalah salah satu anak usaha telkom yang bergerak di bisnis Ecommerce indonesia. Mereka mengklime sebagai situs marketplace (mall online) terbesar din indonesia. Beberapa waktu lalu mereka bekerja sama dengan eBay-situs lelang online terbesar di duniae untuk memberikan fasilitas bagi para penjual asal Indonesia untuk menjual barang mereka dengan pangsa pasar international melalui eBay dan Microfsoft untuk menyediakan layanan email plasa.

Tokopedia.com
Dari keterangan di situnya menyebutkan bahwa tokopedia adalah ensiklopedia toko-toko online Indonesia dengan wujud sebuah mall online yang mempertemukan para penjual dengan pembeli dan memungkinkan terjadinya transaksi jual beli online dengan lebih aman dan nyaman.

Tokopedia mendapat dana Investasi dari East Ventures Singapura sebesar 2.5 milyar rupiah. Dan setelah 6 bulan berjalan, mereka mengklaim telah mendapatkan total transaksi sebesar 1 Milar rupiah. Wow menjanjikan..apalagi saat ini sudah berjalan beberpa tahu :)

Juale.com
Juale.com adalah sebuah situs e-commerce yang menjanjikan fasilitas pembuatan toko online yang komplit dan menyeluruh, tanpa harus mengerti teknis ngejelimet pembuatan website. Juale.com di besut oleh Virtual Consulting yang merupakan prusahaan internet strategy & Marketing punya nya Nukman lufie. Juale ini memanjakan marchant agar tak perlu ribet mulai dari sewa hosting, beli domain, front-end dan back-end toko/portal, hingga delivery.

Tokobagus.com
dari keterang di situsnya, Tokobagus adalah sebuah situs dimana perusahaan dan perorangan dapat menjual dan membeli produk maupun jasa. ya, tak jauh berbda dengan yang di sebutkan sebelumnya, konsepnya ya online shop marketplace dimana mempertemukan antara penjual dan pembeli.

krazymarket.com
Sama seperti lainnya, krazymarket juga merupakan situs ecommerce di indonesia, dimana 'menampung" beberpa penjual di indonesia. Namun perbedaanya, krazymarket ini lebih cendrung spesifik seperti tagline-nya 'Specialty Goods, Krazy Deals’. barang-barang berkategori niche/spesifik, pernak-pernik unik, berbagai barang koleksi serta termasuk barang-barang yang sulit ditemukan seperti koin-koin kuno hingga sneakers edisi terbatas.

QiosQu.com
QiosQu.com, juga menyediakan tempat bagi mereka yang ingin membuat toko online. sampai saat ini masih versi alfa. Dan menurut postingan daily sosial bahwa QiosQu di Jual tetapi saya tak menemukan siapa yang akhirnya membelinya.

Selain para pemain lokal, ada juga para pemain dunia dan regional yang meilihat potensi yang cukup menggiurkan dari layanan online shop marketplace ini. Adalah Multyply dan Reukten.

Rakuten.co.id
Seperti di ketahu Rakuten adalah e-marketplace yang boleh dibilang Emarketplace terbesar dari Jepang dengan omzet penjualan dalam setahun telah melebihi 1 Triliun Yen (Rp. 106 Triliun). Ini sebagai bukti bahwa binis emarketplace sangat potensial. Walapun ketika meuju kesan situsnya belum begitu banyak perubaha, belum ada aksinyata.

Multiply.com
Kita mungkin mengenal beberapa Multiply ini sebagai platform blog. Ternyata Multiply ini banyak di digunakan untuk toko online di Indonesia. Di indonesia ada sekitar 18.000 toko yang dikelola oleh pada penjual dari Indonesia. Ada sekitar 11 juta tukang belanja yang berbelanja di Multiply, dan 2.5 juta berasal dari Indonesia. Jumlah yang cukup signifikan yang bisa memberikan jawaban kenapa Multiply begitu memperhatikan pangsa pasar di Indonesia.

Selmat berbelanja !

11 komentar

  1. Yulis Says:
  2. Di antara Daftar Mall Online di atas, yang paling familiar bagi saya adalah TokoBagus.com...

    http://www.yulissamoa.com

     
  3. Teras Info Says:
  4. DIjaman modern sekarang ini, tak ada kata tak ada tempat untuk berwirausaha....
    tak punya lapak di dunia nyata....
    dunia maya bisa menjadi solusi..
    tinggal ada kemauan dan modal biaya internetan saja....mantabss...

    saya juga ingin buka toko online..he..he.

     
  5. andorulez Says:
  6. Koreksi : Reukten.co.id, seharusnya Rakuten.co.id. Rakuten Belanja Online (RBO) Indonesia ini akan mensupport lokal konten untuk transaksi ditempatnya. Mereka masuk ke group MNC. ;)

     
  7. terima kasih atas koreksnya mas..sudah saya betulkan. :)..salam kenal

     
  8. info bagus, tp kyknya di ada link yang mau di pasang ya di kata 'disini'?

     
  9. Nambahin ya 1 lagi,

    http://hargateman.com

     
  10. Salam SUKSES untuk kita semua.
    Batik is Amazing!!! apalagi kalo udah punya baju atau batik sendiri.

    agan/sist yg terhormat, kami dari pemegang merk dagang Batik aqila Menyediakan berbagai Produk BATIK murah dan berkualitas.

    silahkan kunjungi kami di toko online kami http://kaosbatikpekalongan.wordpress.com
    Batik Aqila For Smart Fashion
    Kepuasan Anda berbelanja di tempat kami, adalah kebanggaan bagi kami.

     
  11. Aqiqah Anak Says:
  12. Makasih infonya dan bisa share juga nih:
    aqiqah

     
  13. Imam Mahmudi Says:
  14. Thanks sharingnya ttg mall online di Indonesia, menarik!
    Belajar Social Media »

     
  15. Photography Says:
  16. Mantap gan infonya...
    Kunjungan balik gan...

     
  17. Terima kasih atas informasinya. Sangat bermanfaat bagi kami sebagai penjual yang ingin menawarkan produk secara online. www.suryaelektrikal.com

     

Posting Komentar

Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini