Jika di tulisan sebelumnya saya menulis bahwa pada 2010 Industri software Lokal Tumbuh 12% 2010. Disana di jelaskan bahwa lonjakan di tahun 2010 tersebut lebih di sebabkan pada lonjakan aplikasi perangka mobile. Terutama pertubuhan OS mobile Android milik Google yang kemudian banyak di dukung oleh bertumbuhnya beberapa pengembang lokal.

Di tahun 2011 sepertinya akan terus menlonjak naik mengingat pertumbuhan pengguna smartphone dan pertumbuhan banyak aplikasi. Pertumbuhan tersebut tentunya akan berjalan positif dengan pendapatn para developer. Untuk tahun 2011 saja, revenue yang dihasilkan untuk lahan bisnis aplikasi di ponsel diprediksi bisa mencapai angka USD 15 miliar.

Menurut Lembaga Riset Gartner seperti di kutif dari detiknet secara global, pengguna ponsel dunia akan melahap sebanyak 17,7 miliar aplikasi untuk memperkaya konten di ponsel mereka. Jumlah ini meningkat 117 persen ketimbang tahun 2010 yang cuma 8,2 miliar download.

Gartner bahkan berani memprediksi jika jumlah aplikasi yang didownload akan menembus angka 185 miliar pada tahun 2014. Angka ini diproyeksi dari Juli 2008, atau masa di mana aplikasi mobile masih baru-baru diunduh.

Analisis Gartner tersebut wajar mengingat besarnya pasar mobile di dunia. Seperti di tulus tekno jurnal bahwa 75% dari total populasi dunia, sekitar 5,2 miliar orang, menggunakan perangkat mobile. Pengguna perangkat mobile lebih banyak daripada gabungan pengguna Internet (2 miliar orang) + komputer (1,2 miliar orang) + telepon rumah (1,2 miliar orang)

Begitu pula di ranah lokal (indonesia), binis Aplikasi ini masih sangat mengiurkan. Lihat saja pangsa pasar mobile yang juga sangat besar. Ada 209 juta pelanggan handphone di Indonesia (3,5 kali lebih besar daripada pengguna Internet).80% handphone yang dijual di Indonesia sudah dapat mengakses Internet . Ada lebih dari 12 juta pengguna 3G di Indonesia (3,5 kali lebih banyak dari pengguna broadband).Anak muda (17-24 tahun) Indonesia lebih sering menggunakan perangkat mobile untuk mengakses Internet daripada menggunakan komputer, laptop, atau warung Internet. dan Indonesia menempati urutan teratas di dunia untuk intensitas browsing Internet melalui perangkat mobile, 633 halaman per bulannya/orang

Menarik Bukan?, hayoo para pengembang lokal terus bangkit

1 Responses to Bisnis Aplikasi Mobile Akan Melonjak di 2011?

  1. Asrul Sani Says:
  2. Kayaknya peluang di ranah Aplikasi Mobile memang menjanjikan banget yah...

     

Posting Komentar

Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini