Kita telah menginjak tahun 2011. Di Januari ini, mungkin anda sedang mencari binis yang tepat, terutama tentang binis di industri mobile dan telekomunikation.

Mungkin ramalan Riset Telematika Sharing Vision akan jadi benar. Apa itu?, Seperti di kutif dari website Sharing Vision, Chief Lembaga Riset Telematika Sharing Vision, Dimitri Mahayana, pada Selular Jabar (Sebar) Night di Hotel Grand Preanger, Jln. Asia Afrika, Bandung, Jumat (14/1) mengatakan bahwa " Mobile money dan mobile remittance (pengiriman uang) akan menjadi model bisnis baru yang potensial dikembangkan operator seluler pada 2011 sampai lima tahun ke depan. Secara nasional, potensi pasar bisnis ini diprediksi bisa mencapai Rp 1,2 triliun."

Mengingat kebutuhan pengiriman uang secara mobile sangat mendesak. Potensinya sangat besar dan bisa menembus seluruh lapisan masyarakat, hingga ke tingkat bawah. Apalagi saat ini pengguna telefon seluler di Indonesia diprediksi sudah mencapai 180 juta. Sementara pemilik rekening bank baru sekitar 80 juta penduduk usia dewasa.

Dan pertumbuhan pengguna telephon seluluer akan terus meningkat mengingat mulai murahnya harga ponsel. Apalagi keberadaa Smartphone dimana keutamamaan internet mobile yang akan mejadi magnet kuat dalam peningkatan pengguna ponsel dan mobile ponsel.

Sehingga Tak salah jika sepanjang 2011 industri telekomunikasi akan tetap menjadi primadona dari segi pencapaian pendapatan. Diprediksi, total pasar industri telekomunikasi tahun ini akan mencapai Rp 150 triliun atau naik 10 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Akan tetapi, berbeda dengan 2010, menurut Dimitri, tahun ini bukan hanya operator seluler yang akan memegang pangsa pasar terbesar. Seluruh penyedia gadget, internet, dan layanan mobile, akan memiliki peran penting. Bahkan, mereka memiliki potensi yang sama besar untuk menjadi pemain utama. (A-150)

kita lihat apakah 2011 Mobile money akan menjadi trend?

0 komentar

Posting Komentar

Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini